Find best premium and Free Joomla templates at GetJoomlaTemplatesFree.com

untuk para Alumni dan Santri Qotrun yang punya artikel dan ingin jadi kontributor di website ini, silahkan kirim artikel anda ke :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Keseimbangan

Membaca dan meresapi hadits berikut ini :

عن ابى حمزة  انس بن مالك  رضى الله عنه   خادم رسول الله صلى الله عليه وسلم   عن النبى صلى الله عليه وسلم  قال : لايؤمن  احدكم  حتى  يحب  لأخيه  ما يحب  لنفسه

رواه البخاري ومسلم

 

 "Tidak sempurna iman seseorang , hingga ia mencintai untuk saudaranya semuslim, seperti ia mencintai untuk dirinya sendiri" HR Bukhary dan Muslim.

 akan terasa betapa agung makna hadits ini, dengan cinta keseimbangan dalam masyarakat akan terwujud. Tidak akan timbul kedengkian, justeru seseorang akan merasa senang bila menyaksikan orang-orang sekelilingnya senang, ketika mereka sukses dalam kehidupan mereka. Dan betapa indah dan nyamannya seseorang yang tidak memiliki rasa dengki dan iri, dan ketika seseorang meresapi hadits diatas dengan segala pejelasan dan maknanya yang indah, maka ia tidak akan sedih bila ia tidak mendapatkan seperti yang didapat orang lain, dan yang dimiliki orang lain tidak akan berpindah kepadanya dan justeru doa-doa akan terus dialamatkan pada kebahagiaan sesama.

Dengan hati seseorang akan merasa perasaan saudaranya, hatinya akan membangun akhlak mulya untuk turut sedih ketika tiba-tiba saudara yang pernah dikenalnya tidak bahagia ketika Anda bahagia, bahkan justeru mencari segala cara untuk merusak kebahagiaan Anda, bagaimana mungkin seseorang tidak menghayati bahwa semua yang ada di dunia ini akan binasa, dan lalu apa guna iri dan dengki pada sesama ?

Banyak kisah sukses yang dapat dibaca, kisah sebagian orang yang pantas dibanggakan, ia memang telah bersusah payah, ia bersabar, ia bersungguh-sungguh, bertahun-tahun ia belajar, menghabiskan waktunya agar menjadi orang yang istimewa, ia pertajam keahliannya, ia belajar semua ilmu yang dapat membantunya menjadi lebih baik dalam kerja dan lebih baik dalam hubungan sosialnya, tapi terkadang didapati orang yang berkomentar : hah kesuksesannya hanya kebetulan semata !. Dari sinilah berangkat dan bermula sebuah perang, perang batin yang dilandasi dengan iri dan dengki.

Sebetulnya solusinya sangat sederhana, apa gunanya iri dan dengki yang justeru mengundang penyakit jiwa ! Apakah orang lain tidak berhak berbahagia dan gembira ? Karenanya sebelum seseorang menetapkan dan menanamkan rasa iri, maka hendaknya ia berfikir, bagaimana kalau kejadian itu menimpa dirinya ?

Bagi orang yang telah sukses dan bangga serta bahagia dengan kesuksesannya, perlu dipikirkan bahwa : inilah jalan kesuksesan, jalan ini membutuhkan pajak, pajaknya adalah bahwa Anda terkadang terkena imbas dari kesuksesan Anda yaitu yang berbentuk iri dan dengki, tapi janganlah takut bahwa Allah Maha Penguasa dan akan melindungi orang yang memohon perlindungan pada-Nya, dan hendaknya Anda memanfaatkan satu jam di malam Anda untuk berdoa agar mereka para orang yang iri pada kesuksesan Anda, semoga Allah memberikan hidayah pada mereka, dan semoga diri Anda mendapatkan keselamatan dari iri dan dengki. Dan cintailah sesama karena dengannya akan terbangun keseimbangan.

By ustadz Abdullatif

 

Comments   

 
0 #1 farel 74 2014-10-10 16:39
asswwbb .. masa allah mantap tuh doa kalo antum baca insya allah masuk surge aminnn
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Album

Akhir Sanah

 

 

PSB

 

 

RAKER

 

PORSENI

Qotrun Community