Find best premium and Free Joomla templates at GetJoomlaTemplatesFree.com

untuk para Alumni dan Santri Qotrun yang punya artikel dan ingin jadi kontributor di website ini, silahkan kirim artikel anda ke :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kilasan Qotrun Nada

Ditahun pertama (1996) pembangunan  pesantren ini, hanya dengan  bermodalkan semangat dan keinginan kami mulai membangun sarana pesantren yang ditandai dengan pemasangan pondasi dan pemancangan tiang-tiang, kami ingat betul setelah itu pembangunan terhenti dan alang-alang berlomba tumbuh hampir melampaui tingginya tiang pancang. Waktu itu terasa berat bagi kami, tapi sekali dayung terkayuh pantang surut sampan kepantai.Kami punya tekad, kami punya harapan, maka tahun 1997 dengan berbagai macam kendala berdirilah bangunan sebanyak 3 (tiga) lokal, yang kemudian akan menjadi cikal bakal dan titik tolak perjalanan Qotrun Nada.

Tiga lokal bangunan itu kami alokasikan 1 ruang untuk kantor dan asrama guru, 1 ruang untuk kelas dan 1 ruang sisanya untuk asrama santri putra, sementara untuk asrama santri putri kami terpaksa tempatkan di garasi/beranda rumah yang kami sulap untuk menjadi kamar santri putri. Jumlah keseluruhan santri di tahun pertama sebanyak 50 santri. Fasilitas MCK sederhana juga kami siapkan dibelakang bangunan 3 lokal tersebut yang saat ini dipakai sebagai fasilitas MCK di asrama putri. Itulah kesederhanaan yang kami maksud, tapi kami yakini itu sebagai awal yang baik untuk sebuah perjalanan.

Maka dengan lafadz “Bismillaah” serta dukungan dan iringan do'a  restu dari orang tua,guru-guru kami, dan semua yang bersimpati kepada kami perjalanan panjang Qotrun Nada kami awali dengan segala keterbatasan.

Bangunan 3 lokal ditengah sawah tersebut bertahan sampai satu tahun, Tahun 1998 kami membangun kembali 1 blok bangunan berisi tiga ruangan di areal yang sama seluas  ±  2000 m², untuk ruang kelas, karena animo wali santri ditahun kedua ternyata begitu besar, terbukti dengan bertambahnya jumlah santri seiring dengan tahun pelajaran baru 1998/1999 sebanyak 100 santri putra/putri. Bertambahlah keyakinan kami untuk meneruskan langkah perjuangan kami. Sejak awal, meski keterbatasan sarana  kami mewajibkan seluruh santri untuk tinggal diasrama. Karena kami harus concern dalam pembinaan santri 24 jam full,sebagai konsekwensi logis dari tanggung jawab moril kami dalam mendidik, mengajar, mendampingi santri dalam perkembangan fisik dan psikisnya.

RENCANA KEDEPAN

Sesuai dengan prinsip perjuangan kami “ Al-Muhafadzatu 'Alal Qodiimis Sholih Wal Ahdzu Bil Jadiidil Ashlah “ kami terus melestarikan nilai-nilai klasik yang baik dan masih pantas seraya menggunakan dan mengambil nilai-nilai yang baru yang lebih patut dan layak di pakai. Inilah yang menjadi dasar bagaimana kami mengimplementasikan proses pendidikan dan pengajaran di Qotrun Nada. Penguasaan kitab-kitab klasik melalui pendalaman Kutubutturats, Halaqoh dan Bahtsul Masaail merupakan salah satu concern kami dalam melestarikan nilai-nilai tersebut.

 

Disamping itu pula, penguasaan dan kemampuan berbahasa arab dan atau inggris mutlak dibutuhkan untuk mencoba membuka luasnya cakrawala dunia menghadapi era global saat ini. Untuk itu beberapa rencana kami coba rangkai melalui program-program jangka panjang yang realisasinya membutuhkan waktu yang cukup lama dan kebutuhan finansial yang tidak sedikit.

Rencana tersebut antara lain :

1.            Menyusun Rencana Tata Ruang Pesantren yang lebih tertib,indah dan alami.

2.            Menjadikan Qotrun Nada sebagai Pesantren yang memiliki nilai plus dan menjadi benteng akhlakul karimah.

3.            Menyusun kerangka landasan Pembangunan Ma'had Aly Lil Ulumil Islamiyah.

Ini kami wujudkan dengan menyusun antara lain :

1.            Visi dan Misi Pondok Pesantren Qotrun Nada

2.            Silabus dan Kurikulum Qotrun Nada

3.            Program Kegiatan Tahunan

4.            Program Kegiatan Bulanan

5.            Melakukan Evaluasi Bulanan

6.            Mensinergikan Program Kurikuler,Ko Kurikuler dan Ekstra Kurikuler

Alhamdulillah seiring dengan perjalanan waktu, proses pendidikan dan pengajaran berjalan dengan baik. Tentunya tidak akan terlepas dari kekurangan dan ketidak sempurnaan. Tapi kami akan selalu melakukan kerja kreatif dan reaktif dalam melakukan penyempurnaan dalam berbagai hal yang membutuhkan pembenahan baik internal maupun eksternal.

Ditahun 1999 ruang kantor yang kami gunakan saat ini adalah ruang musholla terbuka yang digunakan santri untuk kegiatan sholat berjamaah dan pengajian. Terngiang dalam ingatan kami, manakala musim hujan datang, maka kegiatan tersebut akan terganggu oleh percikan hujan yang membasahi ruang terbuka tersebut. Kadangkala kegiatan sholat berjama'ah kami laksanakan di serambi bangunan ruang kelas. Keterbatasan ini selalu menyertai kami bahkan sampai saat ini.

Ditahun 2000, seiring dengan bertambahnya jumlah santri maka penyediaan sarana pesantren pun berpacu dengan waktu. Tapi yang jelas pembangunan fisik ternyata tidak cukup mampu mengimbangi lonjakan jumlah santri yang alhamdulilah tahun demi tahun cenderung bertambah.

Bangunan pertama 1 lantai itu pun akhirnya kami tingkatkan dengan melakukan pengecoran lantai 2 untuk kebutuhan kelas dan kamar yang senantiasa silih berganti peruntukannya. Sekali waktu ruangan tersebut digunakan untuk kelas, pada waktu yang lain digunakan untuk kamar, bahkan untuk asrama guru plus kantor. Kami memang diharuskan untuk kreatif mengatur/memenej tidak hanya program pendidikan dan pengajaran, tapi juga ruangan belajar dan kamar untuk mensiasati keterbatasan sarana yang ada, bahkan sampai dengan saat ini.

Beberapa bangunan berlantai tiga itu dibangun sepanjang tahun 2000 sampai dengan 2006. Itupun belum dapat memadai dan mencukupi kebutuhan santri yang pada masa itu bertambah cukup signifikan sekitar 300 s/d 400 santri.

Hal yang membuat kami meneteskan air mata adalah santri kami terkadang harus belajar di serambi kelas,didepan rumah masyarakat, dibawah pohon,di masjid dan sebagainya, Tapi kami lebih berbahagia karena semangat santri dalam belajar dan mengkaji kitab-kitab sungguh merupakan obat penawar sedih dan suplemen penambah semangat kami. Kenyataan ini, memaksa kami untuk melakukan terobosan dengan berusaha memperluas areal tanah pesantren. Itu kami lakukan karena kebutuhan pembangunan memerlukan areal tanah yang luas. Masjid yang dipergunakan santri putri saat ini adalah bangunan yang kami dapatkan dari bantuan-bantuan dari hamba Allah yang bersimpati kepada kami. Tanah dimana masjid itu dibangun adalah bagian dari rencana perluasan areal pesantren yang selalu kami upayakan sampai saat ini dan begitu pula seterusnya merupakan prioritas (renstra) rencana strategis kami yang akan datang.

Dalam rentang tahun 2006 s/d 2011 saat ini perluasan areal kami realisasikan dengan membangun asrama santri putra 3 lantai, dapur dan masjid khusus putra. Saat ini jumlah santri kami sebanyak 1210 santri (35 kelas ) dengan 78 ustadz, 10 orang karyawan dapur umum, 10 orang karyawan yang dipekerjakan di kantin serta 10 orang pekerja tetap pembangunan fisik. Areal tanah seluas 20.000 m2.  Lima blok bangunan berlantai tiga ternyata tidak dapat memenuhi kebutuhan ruang kelas yang ada,sehingga ide “The Moving Class” kami adaptasi dalam proses belajar dengan “ruang kelas alam”. Tetapi sekali lagi ini tidak membuat kami patah semangat untuk terus melakukan sesuatu yang kami mampu untuk kerjakan.

Ditahun ini pula, kami baru saja memperluaskan areal tanah pesantren dengan membebaskan tanah seluas 2800 m2 dan 1500 m2 serta 560 m2 dipinggir jalan akses masuk pesantren  yang kami rencanakan untuk membangun ruangan kelas yang memang kami sangat butuhkan . Disamping itu kami juga sudah menyelesaikan pembangunan aula serbaguna dan asrama guru serta ruang tamu di areal asrama putra. Aula ini saat in  dipergunakan untuk asrama  santri baru,ini dilakukan karena keterbatasan asrama santri, sehinggaa selama ini santri selalu melaksanakan kegiatan diruang  terbuka meskipun kegiatan itu adalah kegiatan indoor (ruang tertutup). Tentunya dilain pihak kami juga tidak melupakan pembangunan sarana-sarana penunjang lainnya.

Fasilitas yang kami miliki hingga saat ini antara lain :

1.            Dua Blok bangunan untuk asrama putra dan fasilitas MCKnya.

2.            Dua Blok bangunan untuk asrama putri dan fasilitas MCKnya

3.            Dua Ruang kantor

4.            Dua masjid untuk kegiatan ibadah khusus santri putra dan putri

5.            Dua ruang untuk laboratorium computer

6.            Dua ruang asrama ustadz

7.            Dua ruang asrama ustadzah

8.            Satu ruang dapur umum

9.            Limabelas ruang kelas permanent

10.         Tujuhbelas ruang kelas semi permanent/darurat

11.         Dua ruang kantor organisasi santri plus asrama pengurus

 12.        Dua ruang kantin santri

Pengadaan sarana dan prasarana pesantren juga  tidak luput menjadi perhatian kami

Comments   

 
0 #2 Luthfi 2015-09-10 19:27
Semoga kedepannya pesantren semakin maju dan banyak kader-kader yang dilahirkan..aam iin
Quote
 
 
0 #1 sahabat 2014-08-06 10:21
Semoga sukses Qotrun Nada .....
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Album

Akhir Sanah

 

 

PSB

 

 

RAKER

 

PORSENI

Qotrun Community