Find best premium and Free Joomla templates at GetJoomlaTemplatesFree.com

untuk para Alumni dan Santri Qotrun yang punya artikel dan ingin jadi kontributor di website ini, silahkan kirim artikel anda ke :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tabarrukan (ngalap berkah)

tabarruk atau ngalap berkah dari Rasulullah SAW.
sebenarnya apa itu tabarruk...?
tabarruk adalah bentuk lain dari tawassul kepada Allah SWT, yaitu dengan perantaraan object tertentu.
baik berupa benda peninggalan, tempat bersejarah ,dan orang sholih.
berkah tentu saja hanya datang dari Allah, karena seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebuah benda ya tetaplah benda, tidak bisa memberi kemanfaatan atau kemadlorotan, sebuah tempat bersejarah tak lebih dari sebuah tempat dimana sebuah event pernah terjadi.


tapi ketika benda dan tempat tersebut dinisbatkan kepada seseorang yang kita yakini kedekatannya kepada Allah, tentu saja benda dan tempat itu menjadi sebuah obyek yang istimewa, bukan karena obyeknya tapi karena penisbatannya.
sehelai rambut tentu tak ada harganya, kalau itu adalah sehelai rambut milikku. tapi kalau pemilik sehelai rambut tersebut adalah Rasulullah SAW, maka tentu itu benda yang istimewa.
sisa air wudlu tentulah seperti halnya air lainnya, tapi kalau itu sisa air wudlu Rasulullah SAW, tentu itu air yang istimewa.
berikut ini beberapa kisah yang berhubungan dengan hal tersebut.
-Ja'far bin Abdillah bin Al Hakam bercerita, diperang Yarmuk, Kholid bin Walid sang panglima kehilangan sebuah penutup kepala, dan beliau memerintahkan anggota pasukannya untuk mencari sampai ketemu.
ketika penutup kepala tersebut ditemukan, ternyata itu penutup kepala yang sudah lusuh, hampir tak layak disimpan atau dipakai, melihat hal tersebut anggota pasukan bertanya tanya, kenapa panglima memerintahkan pencarian.
maka Kholid bin Walid bercerita:
ketika Rasulullah SAW selesai Umroh dan mencukur rambut kepalanya, orang-orang berebutan mengambil rambut beliau sampai tak selembar rambutpun yang jatuh ketanah, dan aku bisa mendahuli mereka mengambil rambut beliau bagian atas, lalu aku simpan didalam penutup kepala ini, dan sejak itu setiap kali berperang aku selalu membawa penutup kepala ini, dan Allah selalu memberiku kemenangan.
"alhafidz Al Haitsami berkata kisah ini juga diriwayatkan oleh Attabrani dan Abu Ya'la dengan rijal sanad seperti rijal sanadnya sahih al Bukhari, alhafidz Ibnu Hajar mengisahkan kisah ini didalam kitab al matlab al aliyah j4 hal 90".


disebuah hadits riwayat imam Muslim dari Anas ben Malik, berkisah tentang Rasulullah SAW yang bertahallul dan membagikan rambut beliau kepada para sahabat dan sekitarnya.
hadits yang membahas hal yang sama juga diriwayatkan oleh Imam Attirmidzy.
memang cuma rambut, cuma sampah, seandainya itu rambutku, tapi ini rambut Rasulullah SAW brooooo...
beliau sendiri yang membagi bagikan, kita mengartikan hal seperti ini dengan ungkapan "Rasulullah SAW ngajarin kita bertabarruk atawa ngalap berkah"

tabarruk dengan air sisa wudlu Rasulullah SAW

Tholq ben Ali berkisah:
kami (Tholq dan kaumnya), datang ke Madinah menghadap Rasulullah SAW, maka berbai'atlah kami, dan shalat berjama'ah bersama beliau.
dan kami mengabarkan bahwa ditempat tinggal kami, kami memiliki kuil tempat kami beribadah, kemudian kami meminta agar beliau memberikan sisa air wudlu beliau.
Maka beliau segera meminta diambilkan air lalu berkumur dan berwudlu, sisa air bekas wudlu beliau tuangkan kesebuah wadah dan memberikannya kepada kami sambil bersabda:
"pulanglah, kalau sudah sampai ditempat tinggal kalian, robohkan kuilmu lalu siramlah tempat itu dengan air ini, lalu dirikan masjid disitu"
kamipun menjawab:
"tempat tinggal kami sangat jauh wahai Rasulullah, dengan suhu udara panas seperti ini, air ini akan habis menguap sebelum kami sampai rumah"
Rasulullah bersabda lagi:
"tambahkan saja air kedalam wadahnya, akan semakin bagus "

ini hadits diriwayatkan oleh Imam Nasa'i, seperti dalam kitab almisykah dengan nomor hadits 716.
-----
sekarang kita berpikir sejenak, ngapain juga Tholq dan teman2nya repot2 minta air sisa wudlu, kan kalo cuma air dirumah banyak.
dan ngapain juga Rasulullah SAW, mau aja ngasih, harusnya kan beliau bilang, ngapain minta air disini, kalo air mah banyakan ditempat kalian daripada disini.
tapi ternyata beliau dengan segera berwudlu dan memberikan sisa airnya kepada Tholq dan teman2nya.
artinya?????
artinya Rasulullah gak mempermasalahkan ketika ada orang meyakini keberkahan dari sisa air wudlu beliau.
bahkan ketika Tholq mengkhawatirkan menguapnya air, beliau menjawab :"tambahkan saja air kedalam wadahnya, akan semakin bagus".
artinya berkah air wudlu itu akan tetap ada , walaupun sudah ditambah dengan air yang lain.

---itu yang aku pelajari lalu aku yakini---
kayaknya sih masih ada sambungannya......

Add comment


Security code
Refresh

Album

Akhir Sanah

 

 

PSB

 

 

RAKER

 

PORSENI

Qotrun Community